Wednesday, November 18, 2015

Sudah Gadaikan Kedaulatan Ekonomi ke Cina, Jokowi Bakal Lepaskan Natuna dari NKRI?


Pengamat: Sudah Gadaikan Kedaulatan Ekonomi ke Cina, Jokowi Bakal Lepaskan Natuna dari NKRI?

Merasa mempunyai jasa yang besar kepada Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, penguasa Cina Tiongkok berani mengklaim wilayah Natuna masuk ke dalam peta baru wilayah Cina.

Kesimpulan itu disampaikan pengamat politik Zainal Abidin kepada intelijen (16/11). “Cina banyak investasi di Indonesia, ikut proyek kereta cepat, memberi banyak hutang, maka Cina punya kesempatan mengklaim Natuna. Buktinya pihak pemerintah belum mengeluarkan pernyataan tegas dalam kasus ini,” ungkap Zainal Abidin.

Tak hanya itu, Zainal juga menyesalkan pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang membantah Cina telah mengklaim wilayah Natuna. “Pak JK harus memberikan pernyataan tegas, bukannya membantah. Nampaknya pemerintah masih sungkan terhadap China,” jelas Zainal.

Kata Zainal, kasus klaim wilayah Natuna merupakan ujian bagi Pemerintahan Jokowi dalam mempertahankan kedaulatan bangsa. “Kedaulatan ekonomi sudah digadaikan Jokowi ke Cina, sekarang kasus Natuna, apakah Jokowi berani melawan Cina?” tanya Zainal.

Lebih lanjut Zainal meminta kasus Natuna tidak dibawa ke mahkamah internasional, karena secara hukum laut dan kedaulatan masih menjadi wilayah NKRI. “Saya kira tidak perlu dibawa ke mahkamah internasional segala,” jelas Zainal.

Diberitakan sejumlah media, Cina Tiongkok tetap bersikukuh memasukan sebagian pulau di kabupaten Natuna ke wilayah Cina. Bahkan, paspor terbaru Tiongkok pun telah memasukkan pulau kaya gas alam ini di wilayah Cina.

Red

sumber : http://www.intelijen.co.id/pengamat-sudah-gadaikan-kedaulatan-ekonomi-ke-cina-jokowi-bakal-lepaskan-natuna-dari-nkri/

Baca Juga :
- Berita Politik Dalam Negeri 2015

No comments: