Wednesday, December 2, 2015

Novanto Sengaja Ditumbalkan di Kasus Freeport



Novanto Sengaja Ditumbalkan di Kasus Freeport 

Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie Massardi menilai Ketua DPR, Setya Novanto sengaja dikorbankan, lantaran usahanya melobi pembaharuan kontrak PT Freeport Indonesia tercium oleh penguasa lainnya.

Pasalnya, menurut Adhie pembaharuan kontrak Freeport itu telah menabrak Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Karena pelanggaran itu terkuak, maka harus ada pihak yang ditumbalkan.

Dengan begitu, seakan-akan Novanto yang bertindak sebagai pihak pelanggar UU. Padahal, diketahui yang memiliki otoritas untuk membuat keputusan pembaharuan kontrak itu adalah Menteri ESDM, Sudirman Said (SS).

"Mereka bilang berbagai alasan untuk kontra diperpanjang waktunya lebih awal. Tapi UU mengatakan baru boleh di 2019. Kemudian Sudirman mau buat PP, perpanjangan malah 10 tahun. Tapi berhasil ketahuan, tidak jadi," papar Adhie, di Jakarta, Sabut (28/11/2015).

Mantan juru bicara almarhum Gus Dur itu pun mengajak masyarakat untuk membalikkan analogi yang dia jabarkan. "Kemudian begini, kalau kemarin itu perpanjangan (kontrak Freeport) dengan SS itu berhasil, apakah isu Novanto ini akan diangkat?" tanya dia.

Dia pun melihat ini bukan sekedar kegagalan pembaharuan kontrak Freeport. Menurutnya, ada perang besar dalam kasus rekaman papa minta saham.

"Ini langsung diangkat karena merek gagal. Saya melihat bahwa, bukan hanya Setnov. Ini diributkan aja soal rekaman," tandasnya.[jat]

sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/2255853/novanto-sengaja-ditumbalkan-di-kasus-freeport

Baca Juga :
- Berita Politik Dalam Negeri 2015

No comments: