Monday, January 8, 2018

Atasi Kesenjangan Ekstrem di DKI

Anies Ajak Warga Bangkit Atasi Kesenjangan Ekstrem di DKI

Gubernur DKI Anies Baswedan mengajak semua elemen warga untuk bangkit mengatasi kesenjangan ekonomi dan sosial di Jakarta.

Anies menyatakan, tantangan saat ini selain di level global dan nasional, yang tak kalah penting dan genting adalah memangkas kesenjangan yang ada di depan mata.

‎Anies menyebut, di ibu kota Jakarta ini banyak masyarakatnya yang masih merasakan betul efek kenaikan harga-harga kebutuhan pokok.

"Mungkin, bagi sebagian diantara kita kenaikan harga kebutuhan tidak terlalu berpengaruh, kita masih bisa menyesuaikan. Namun sebagian besar saudara-saudara kita kelas bawah, kenaikan harga bawang dan cabe sedikit saja sangat dirasakan dampaknya," kata Anies disela-sela Deklarasi 'Rumah Kebangkitan Nasional dan Gerakan Kebangkitan Indonesia' di kawasan Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Minggu (7/1/2018).

Hal itu, menurut Anies tidak terlepas dari tingkat pendidikan warga Ibu Kota Jakarta yang rendah dan memprihatinkan.

Betapa tidak, fakta di lapangan saat ini, di Jakarta Utara separuh jumlah pemuda tidak lulus SMA, kemudian di Jakarta Barat sebanyak empat 4 dari10 pemuda juga tidak lulus SMA.

"Jika mereka melamar pekerjaan officeboy saja tidak diterima, karena sekarang posisi itu paling rendah ijazahnya tingkat SMA/SMK," katanya.

Akibatnya, mereka hanya bisa kerja serabutan dan apa adanya dengan penghasilan yang sangat rendah.

"Data dari BPS, setidaknya masih ada 3 juta jiwa yang hidup dibawah garis kemiskinan karena penghasilannya di bawah Rp 1 juta per bulan," ungkap Anies.‎

Karena itu, kata Anies, Pemprov DKI kedepan akan memberi perhatian lebih terhadap lapangan pekerjaan yang bisa memberi gaji sesuai UMP.

"Ini sedang menjadi orioritas saya dan mas Sandi ke depan," ucapnya.‎

Karena itu pula, tambah Anies, pihaknya sangat mendukung ide dan gagasan para deklarator Rumah Kebangkitan Nasional dan Gerakan Kebangkitan Indonesia yang dilakukan para tokoh senior purnawirawan TNI, sipil dan aktivis pada hari ini.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung ide dan gagasan para deklarator untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik bagi kondisi bangsa Indonesia," tandasnya.(yn)

Sumber : www.teropongsenayan.com

Baca juga :
- Berita Politik Dalam Negeri Indonesia

No comments: